Peringatan Gunung Agung

Mengajar Dengan Alat Peraga

watercrew96Seorang guru matematika, Lumiaty Simalango, S.Pd mengajar murid-muridnya dengan menggunakan alat peraga di SD Kwitang 8 PSKD, Depok, Jawa Barat.
Alat peraga matematikanya adalah menggunakan jaring-jaring, bangun ruang, tergantung dengan materi yang diajarkan. Teknik ini digunakan agar murid-muridnya tertarik dengan materi yang diberikan.
Selain itu, guru yang akrab dipanggil Ibu Lumi oleh murid-muridnya, mengajar dengan cara mengadakan diskusi aktif antar siswa. Lumi juga mengadakan lomba cerdas cermat matematika di sekolah bersama guru-guru lain. Hal ini dilakukan agar murid-murid lebih menyukai pelajaran matematika.
            Saat ini, banyak murid-murid yang tidak menyukai pelajaran matematika. Selain menggunakan berbagai macam teknik, untuk menanggapi murid yang tidak ingin mempelajari matematika adalah mengajar dengan sabar dan memberikan motivasi kepada murid tersebut.
            Lumi memulai karirnya sebagai guru matematika pada tahun 1997. Sekolah pertama tempatnya mengajar adalah SMK Mulia Medan, Medan, Sumatera Utara selama tujuh tahun. Lumi memilih mengajar matematika karena ia menempuh pendidikan matematika pada saat kuliah. Ia ingin menjadi guru matematika agar dapat mengajar dan membuat muridnya untuk lebih menyukai pelajaran matematika.

Komentar